Minggu, 06 November 2011

Identifikasi Peluang Usaha Baru

Hey guys masih inget kan kita pernah ngebahas part mengenai gimana caranya jadi wirausaha. Well, sekarang kita tambah pengetahuan kita lagi yuk untuk menjadi the next wirausahawan berikutnya, oke kita simak pembahasannya yukkkkkk….

Identifikasi Peluang Usaha Baru
Seorang wiraswastawan harus jeli melihat segala peluang yang ada, karena itu bisa menjadi patokan awal untuk mendirikan sebuah usaha baru. Peluang tersebut biasanya dapat timbul dari:
a. Konsumen
b. Perusahaan yang sudah ada
c. Saluran distribusi
d. Pemerintah
e. Penelitian dan Pengembangan

Guys, selain itu ada juga ni hal-hal lain yang bisa ngedatengin ide untuk ngebuat suatu usaha baru, misalnya:
a. Kebutuhan akan sumber pengetahuan
b. Hobi
c. Trend yang sedang terjadi
d. Kekurangan dari produk yang ada
e. Produk yang belum diciptakan
f. Pemanfaatan dari produk lainnya

Orientasi Pemasaran:
Produk yang nantinya kita akan lepas dipasaran tentunya harus mempunyai target pasar yang jelas dan daya saing yang tangguh terhadap pesaingnya. Hal ini tentunya sangan penting untuk dilakukan mengingat hal ini yang akan mempengaruhi kelangsungan hidup dari usaha yang kita jalankan.

Kegagalan Memilih Peluang
Sebagai seorang pendatang bari, tentu tidaklah selalu memulus untuk selalu memulai suatu pendirian usaha, ada saja hal-hal yang menyebabkan datangnya permasalahan, kita wajib mengidentifikasi dan meramalkan dari mana kira-kira masalah akan datang, contonya seperti:
a. Kurangnya Objektivitas
b. Kurangnya kedekatan dengan pasar
c. Pemahaman tentang kebutuhan yang tidak memadai
d. Diabaikannya kebutuhan finansial
e. Kurangnya diferensiasi produk
f. Pemahaman terhadap masalah hukum yang tidak memadai
g. Peluncuran usaha baru
Wah, berbobot ya materinya semoga bisa jadi masukan lagi untuk kita-kita muda mudi yang pengen banget jadi wiraswastawan………Wokeeeeee disimak ya!
Sumber: http://elearning.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar